AKU HARUS BAGAIMANA by Gus Mus

Aku pergi tahlil, kau bilang itu amalan jahil
Aku baca shalawat burdah, kau bilang itu bidah
Lalu aku harus bagaimana¦?
aku bertawasul dengan baik, kau bilang aku musrik
aku ikut majlis zikir, kau bilang aku kafir
lalu aku harus bagaimana¦?
aku sholat pakai lafadz niat, kau bilang aku sesat
aku mengadakan maulid, kau bilang tak ada dalil yang valid
lalu aku harus bagaimana¦?
aku gemar berziarah, kau bilang aku alap-alap berkah
aku mengadakan selametan, kau bilang aku pemuja setan
lalu aku harus bagaimana¦?
aku pergi yasinan, kau bilang itu tak membawa kebaikan
aku ikuti tasawuf sufi, malah kau suruh aku menjauhi
ya sudahlah¦ aku ikut kalian¦
kan ku pakai celana cingkrang, agar kau senang
kan kupanjangkan jenggot, agar dikira berbobot
kan ku hitamkan jidad, agar dikira ahli ijtihad
aku kan sering menghujat, biar dikira hebat
aku kan sering mencela, biar dikira mulia
ya sudahlah¦ aku pasrah pada Tuhan yang ku sembah¦

Puisi ini membawahku ke dalam sebuah pembicaraan yang ada di milis, tentang sebuah “larangan”.

Sent: Fri Jun 08 08:04:33 2012
Subject: Lukisan dan Patung

Dalam kitab Ensiklopedia Sahih Hadits Qudsi, karangan Muhammad Nashiruddin Al-Albani, diuraikan (syarah) beberapa hadis yang sangat bermanfaat.

Orang yang paling berat azabnya disisi Allah pada hari kiamat kelak adalah orang yang menyerupai ciptaan Allah (HR. Ahmad, Baihaqi dan Nasai).

Islam mengharamkan pembuatan patung dan lukisan, yang dibuat pada kanvas, pakain , permadani, dinding, dll.

Malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing, juga tidak memasuki rumah yang didalamnya terdapat gambar (patung) (HR Imam Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasa’i dan Ibnu Majah).

Hal ini sebagai bentuk menyaingi ciptaan Allah swt sehingga Allah swt menantang manusia di akhirat  nanti untuk memberi nyawa setiap patung dan lukisannya. Jika dia tdk mampu (pasti tidak mampu) maka mereka akan dimasukkan kedalam neraka.

Semua tukang gambar/pelukis masuk neraka, diciptakan baginya dengan setiap gambar yang dilukisnya jiwa seperti gambar itu, lalu disiksa di neraka jahanam (HR Muslim).

Lukisan dan patung ini dibatasi yang menyerupai makhluk ciptaan Allah swt (manusia dan hewan), lukisan abstrak tidak termasuk yang dilarang.

Jika membuat patung dan lukisan diharamkan maka memajangnya dirumah kaum muslimin juga diharamkan. Pengecualiaan untuk mainan boneka anak wanita.

Subject: Re: Lukisan dan Patung

Assalamu’alaikum wr.wb.

Nanya dikit dung…
Kalau lukisan oedesaan, suasana sawah padi menguning, sungai mengalir…. Gimana?
Kalau dalam lukisan itu ada sosok orang tapi semua membelakangi sehingga tidak ada wajahnya gimana?
Bagaimana dengan Kaligrafi yg menyerupai orang duduk sholat?
Terus terang antara hadist yg dikutip dan penjelasannya ada yg kurang nyambung.. Kalau boleh sharing itu tafsir dari siapa?
Subject: RE: Lukisan dan Patung

Hmm.. Tuhan yang takut tersaingi oleh buah karya ciptaan-Nya. What a medieval thought it was. So¦ this God person is not really God at all? J

Subject: RE: Lukisan dan Patung

Silahkan saja anda menafsirkan Tuhan versi anda, gunakanlah akal dan hawa nafsu anda untuk memahami Tuhan. Seperti dalam sebuah blog yang menyebutkan Allah Maha Lucu, saya berharap bukan anda yang melakukan perbuatan keji ini.

Bagaimana anda menanggapi ayat berikut,

Jika kamu memberikan pinjaman yang baik kepada Allah, Dia akan membayarnya kepadamu berlipat ganda dan memberikan ampunan bagimu. Dan Allah Maha pembalas jasa lagi Maha penyantun (At-Taghabun 17).

Apakah seperti orang Yahudi yang mengolok-olok masyarakat Madinah, betapa miskinnya Tuhan Muhammad sehingga harus meminjam kepada makhluk-Nya. Nauzubillah.

Beginilah akibat akal digunakan tanpa tuntunan Wahyu.

Subject: RE: Lukisan dan Patung

Bismillahirohmanirohim,

Dengan kedangkalan ilmu saya, saya mencoba ikut nimbrung diskusi ini. Sejujurnya, saya tidak melihat hawa nafsu pada tulisan agiek di diskusi ini yang saya lihat adalah pencarian (menggunakan akal). Ada yang mengatakan semua pencarianmu ada di Al Quran, tetapi manusia ingin semua make sense dengan akalnya. Ada yang bilang jangan menggunakan akalmu untuk urusan agama, terus untuk apa Allah menciptakan akal jika hanya untuk kepentingan akhirat saja, saya yakin Allah berharap menggunakan akal kita semaksimal mungkin termasuk untuk melihat benang merah semua urusan  dunia dan akhirat. Memang tidak menutup kemungkinan pada saat pencarian itu kita berbuat salah, saya rasa ini lumrah (namanya juga orang mencari) dan saya yakin Allah tidak akan tinggal diam saat kita berusaha memahami-Nya. Tidak hanya bilang yang disampaikan Al Quran itu seperti ini TITIK.  Jika keadaannya seperti itu, bagaimana bisa kita menjelaskan Q.S Al Furqan:53 sebelum Jacques Cousteau menemukan dua air laut berdampingan tawar dan asin.

Untuk soal Allah Maha Lucu, saya hanya berfikir positif saja, karena kita tidak tahu niat sesungguhnya penulis blog tersebut. Saya rasa tidak perlu men-judge, cukup doakan saja, karena jika judge kita tidak seperti yang dimaksudkan si penulis maka jatuhnya adalah fitnah.

Tak henti-hentinya Engkau ombang-ambingkan diriku untuk lebih bisa memahami rahasia-Mu