Pernahkah kamu merasa kesulitan dalam bekerja dengan rekan kerja yang tidak kooperatif? Kebanyakan dari kita, pasti pernah mengalaminya. Rekan kerja yang tidak kooperatif dapat membuat pekerjaan terasa sulit dan melelahkan. Jadi, bagaimana cara mengatasinya?

Pertama-tama, jangan langsung menyalahkan atau menunjukkan sikap marah pada rekan kerja tersebut saat dia menunjukkan sikap tidak kooperatif. Cobalah berbicara dengan cara yang baik dan sopan untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi dan mencari solusi bersama. Saling mengerti dan berkomunikasi dengan baik dapat membantu memperbaiki hubungan kerja dan meningkatkan produktivitas. Dengan mengetahui penyebab dari perilaku rekan kerja tersebut at least kamu tahu penyebab atau latar belakang dia melakukan hal tersebut. Tetapi perlu diingat, kita tidak harus ikut terlibat dalam masalahnya jika tidak ada hubungannya dengan pekerjaan kamu, just be professional aja. Jika menurut kamu itu worth it untuk dibantu, maka kamu bisa mencari cara untuk membantu menyelesaikan masalahnya,

Kedua, coba libatkan atasan atau pihak yang berwenang untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut. Mungkin rekan kerja tersebut membutuhkan bantuan atau dukungan dari pihak lain untuk dapat bekerja dengan lebih efektif.

Ketiga, jika semua upaya sudah dilakukan dan rekan kerja tersebut masih tidak kooperatif, cobalah fokus pada pekerjaan kamu sendiri. Lakukan yang terbaik dalam pekerjaanmu dan jangan biarkan perilaku rekan kerja yang tidak kooperatif mengganggu produktivitasmu.

Terakhir, jangan biarkan hubungan kerja yang buruk mengganggu kesehatan mentalmu, jangan sampek kebawa baper, they don’t deserve it. Karena siapa dia bisa membuat moodmu buruk. Jika tidak bisa dihindarkan (membuat mood buruk), Jangan ragu untuk mencari dukungan dari teman atau keluarga, atau bahkan profesional jika diperlukan.

Mengatasi rekan kerja yang tidak kooperatif memang bukan hal yang mudah. Namun, dengan berbicara dengan baik, mencari solusi bersama, dan fokus pada pekerjaanmu sendiri, kamu bisa mengurangi dampak dari perilaku rekan kerja tersebut pada pekerjaanmu dan kesehatan mentalmu. Selamat mencoba