Pernahkah kamu merasa tidak nyaman di tempat kerja karena ada rekan kerja yang selalu menunjukkan sikap penjilat atau bermuka dua? Memang, sikap seperti ini bisa merusak kerja sama dan membuat suasana kerja tidak nyaman. Lalu, bagaimana cara menghadapi rekan kerja yang seperti ini?

Tetap fokus pada pekerjaanmu. Jangan biarkan perilaku penjilat mengganggu fokus dan produktivitasmu di tempat kerja. Tetaplah fokus pada tugas-tugasmu dan jangan terlalu memikirkan rekan kerjamu yang bersikap seperti itu.

Beri Feedback yang jujur Jika kamu merasa tidak nyaman dengan perilaku penjilat tersebut, coba beri dia feedback dengan sopan. Sampaikan bahwa kamu lebih menghargai kerja sama yang jujur dan terbuka, serta berharap rekan kerjamu juga demikian.

Jangan terlalu percaya pada omongan mereka. Seringkali penjilat memanipulasi dengan berkata-kata yang menggoda atau memuji. Namun, jangan mudah percaya pada omongan mereka. Lebih baik tunggu hingga tindakan mereka yang menunjukkan keseriusan dan kredibilitas.

Jangan melibatkan mereka dalam keputusan penting Jika ada keputusan penting yang harus diambil, hindari melibatkan rekan kerja yang bersikap penjilat. Pilihlah orang yang memiliki integritas dan kepercayaan yang tinggi untuk membantu dalam proses pengambilan keputusan.

Hindari konfrontasi langsung Meskipun kamu merasa sangat tidak suka dengan perilaku penjilat tersebut, hindari untuk melakukan konfrontasi langsung apalagi jika hanya ber-2 saja, karena kenapa? karena saat ada konfrontasi, dia sangat lihai memutar balikkan fakta untuk diceritakan ke orang lain

Jurus Terakhir, konfrontasi kecil di publik. Jika cara-cara di atas tidak berhasil, maka jangan segan untuk melakukan konfrontasi kecil di ruang publik. Buat apa? untuk sedikit mengungkapkan kebenaran fakta yang disembunyikan seorang penjilat. Karena seorang penjilat punya tendensi untuk menyembunyikan bad news terutama ke atasannya.

Menghadapi rekan kerja yang bersikap penjilat memang bisa sangat menantang, tetapi jangan biarkan hal tersebut merusak kerja sama dan produktivitas di tempat kerja. Dengan menjaga fokus pada pekerjaanmu dan tetap berkomunikasi dengan jujur, kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan lebih baik.