Buat saya, membaca novel bertemakan Islam bisa membantu saya meningkatkan kesadaran saya tentang isu-isu sosial yang berkaitan dengan Islam, terutama di grassroot yang dimana mereka baru bisa bicara agama setelah perut sudah terisi. Selain itu di novel-novel islami juga tidak jarang mengangkat isu-isu islam di luar Indonesia yang dimana dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Pew Research Center, 62% responden Muslim merasa bahwa mereka sering menjadi korban diskriminasi. Berbeda dengan di Indonesia yang merupakan mayoritas

Dengan membaca novel yang mengangkat tema-tema islam, kita dapat lebih memahami dan berempati terhadap perbedaan pandangan orang lain, entah itu Islam konservatif maupun liberal. Dan pada akhirnya, kita bisa saling menghormati perbedaan yang ada, karena tidak ada benar salah, selain yang sudah tegas ditentukan oleh-Nya

Muhammad Lelaki Penggenggam Hujan – Tasaro GK

Novel fiksi yang sarat sejarah perjalanan Rasulullah. Siapa yang tak ingin mengenal Nabi Muhammad SAW lebih dekat? Lewat seri novel Muhammad, penulis mengangkat kisah mengenai cinta, pengorbanan, dan perjuangan Rasulullah dalam menyebarkan ajaran Islam. Meski banyak menghadirkan cerita sejarah, novel ini tetap ringan dibaca sehingga tak akan membuat kamu cepat bosan.

Novel ini bercerita tentang kisah hidup Rasulullah yang harus merasakan pahitnya kehidupan saat orangtuanya meninggal dunia. Rasulullah harus menghadapi keadaan yang serba kekurangan, bahkan sering kali tidak punya uang untuk membeli makanan. Meskipun demikian, Rasulullah  tetap pantang menyerah.

Novel ini memberikan gambaran hidup yang sangat realistis dan sarat makna. Saya bisa merasakan emosi dan perjuangan yang dialami oleh Rasulullah ketika membacanya. Setiap halaman begitu menyentuh hati dan membuat saya semakin menghargai hidup. Selain itu, gaya penulisan Tasaro GK yang ringan dan mudah dipahami membuat saya semakin terbuai dengan alur cerita yang dihadirkan.

Novel ini juga menghadirkan pesan yang sangat kuat, yaitu tentang arti hidup dan makna kebahagiaan yang sebenarnya. Dari kisah hidup Rasulullah , kita diajak untuk selalu bersyukur atas apa yang sudah kita miliki, meskipun sekecil apapun itu. Kita juga diajarkan untuk tetap pantang menyerah dalam menghadapi rintangan hidup, sebab pasti ada jalan keluar dari setiap masalah yang kita hadapi.

99 Cahaya di Langit Eropa – Hanum Salsabiela Rais, Rangga Almahendra

Novel ini bercerita tentang perjalanan dua mahasiswa Indonesia, Hanum dan Rangga, yang belajar di Eropa dan mengeksplorasi keindahan Islam di berbagai negara. Novel ini sangat menarik karena mampu menghadirkan perjalanan spiritual yang begitu dalam dan memberikan pandangan yang berbeda tentang Islam di luar Indonesia. Saya merasa terbawa suasana ketika membaca setiap kisah perjalanan Hanum dan Rangga di setiap negara yang mereka kunjungi. Penulis berhasil menggambarkan dengan jelas tentang bagaimana Islam diakui dan dipraktikkan di masing-masing negara, termasuk dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini sangat ringan dan mudah dipahami, sehingga membuat saya semakin mudah terbawa suasana perjalanan Hanum dan Rangga. Ada banyak pesan moral yang disampaikan dalam setiap kisah perjalanan mereka, antara lain tentang pentingnya persatuan dan toleransi dalam beragama.

Novel “99 Cahaya di Langit Eropa” juga memotivasi saya untuk mengeksplorasi keindahan Islam di berbagai negara, sebab Islam tidak hanya hidup di Indonesia. Ada banyak negara yang memiliki cara pandang dan praktik keagamaan yang berbeda, namun tetap mengakui keindahan Islam sebagai agama yang damai dan harmonis.

Overall, novel “99 Cahaya di Langit Eropa” sangat cocok untuk kamu yang ingin mengeksplorasi Islam di luar Indonesia dan mengenal kebudayaan berbagai negara di Eropa. Buku ini juga cocok untuk kamu yang ingin merenungkan makna hidup dan keindahan Islam secara lebih dalam.

Negeri 5 Menara – A.Fuadi

Novel ini bercerita tentang perjuangan lima remaja yang berasal dari daerah yang berbeda untuk mencapai mimpi mereka di pesantren yang sama. Tokoh utama dalam novel ini adalah Alif, seorang pemuda asal Sumatera Barat yang berjuang untuk menghadapi tantangan hidup di pesantren dan meraih mimpi menjadi seorang insinyur.

Alif memiliki keinginan yang besar untuk melanjutkan studinya di pesantren yang ia idamkan. Namun, ia dihadapkan dengan berbagai kendala seperti tantangan untuk menghadapi ujian masuk yang sulit dan ketidakcocokan dengan lingkungan pesantren yang baru. Bersama teman-temannya, Raja, Dulmajid, Umar, dan Said, Alif belajar untuk menghadapi setiap rintangan dan tantangan yang dihadapinya.

Salah satu hal yang membuat buku ini sangat menarik adalah penggambaran karakter tokoh-tokohnya yang kuat dan inspiratif. Setiap tokoh memiliki latar belakang dan mimpi yang berbeda-beda, tetapi mereka bersatu dalam menghadapi kesulitan dan berusaha mencapai tujuan mereka. Selain itu, cerita ini juga menghadirkan gambaran yang detail mengenai kehidupan di pesantren dan tantangan yang dihadapi oleh para santri.

Dalam ceritanya, A. Fuadi menghadirkan tema tentang pentingnya perjuangan, kebersamaan, dan kepercayaan pada diri sendiri dalam menggapai mimpi. Bagi saya, buku ini memberikan inspirasi dan motivasi untuk terus berjuang dan tidak menyerah dalam menghadapi tantangan hidup.

Bagi kamu yang sedang mencari inspirasi dan motivasi dalam menghadapi kehidupan, saya sangat merekomendasikan untuk membaca novel Negeri 5 Menara karya A. Fuadi. Novel ini, mengajarkan kita untuk tidak mudah menyerah dalam menghadapi kesulitan.

Bumi Cinta –  Habiburrahman El-Shirazy

Novel Bumi Cinta menceritakan tentang Muhammad Ayyas, seorang mahasiswa Indonesia yang menyelesaikan studi pasca-sarjana di India dan melakukan penelitian di Rusia. Saat tiba di Moskow, ia disambut oleh teman SMP-nya, Devid, yang membantunya mencari apartemen untuk tinggal. Namun, masalah muncul ketika ia harus tinggal dengan dua wanita yang bukan mahramnya. Meskipun memiliki kamar masing-masing, mereka harus berbagi dapur dan ruang tamu bersama. Ayyas harus berjuang untuk mempertahankan kesuciannya dan imannya karena Linor dan Yelena sering menggoda iman laki-laki.

Novel ini dianggap sebagai novel pembangun jiwa karena membahas fitrah manusia yang sulit untuk dikendalikan, seperti hawa nafsu. Melalui Muhammad Ayyas, Kang Abik memaparkan betapa hidup di lingkungan dengan eks atheis dan minim agama memerlukan perjuangan yang kuat untuk mempertahankan keimanannya.

Selain itu, novel ini mampu memberikan pencerahan jiwa pada saya dengan alur cerita yang memberikan kesadaran bahwa kunci kemenangan bagi seorang mukmin telah Allah berikan melalui kitab Al Quran. Kompleksitas karakter dan tokoh-tokohnya juga menjadi daya tarik novel ini. Muhammad Ayyas digambarkan sebagai tokoh statis, sedangkan Linor dan Yelena sebagai tokoh dinamis yang mengalami perubahan watak.

Kang Abik berhasil membangun rasionalisasi yang dapat diterima oleh para pembaca untuk menghindari gugatan terkait tokoh Ayyas yang hampir sempurna. Selain itu, latar fisik dan material dalam novel berhasil digambarkan dengan baik. Novel Bumi Cinta dapat memberikan inspirasi bagi kita untuk mempertahankan keimanan dan membahas perjuangan hidup di lingkungan yang minim agama.

Perempuan Berkalung Sorban – Abidah El Khalieqy

Buku ini menceritakan tentang perjuangan seorang perempuan bernama Maryam dalam mengejar pendidikan dan kebebasannya di tengah masyarakat yang masih sangat patriarkis.

Buku ini sangat menarik dan menginspirasi saya. Saya terkesan dengan keteguhan hati Maryam dalam menghadapi berbagai rintangan yang dihadapinya. Meskipun terus-menerus dihambat oleh tradisi dan budaya yang membatasi perempuan, Maryam tidak pernah menyerah dan terus berjuang untuk mendapatkan hak-haknya.

Selain itu, saya juga merasa terinspirasi oleh keberanian Maryam dalam mempertahankan keyakinannya dan memperjuangkan hak-hak perempuan. Meskipun banyak orang yang mencoba untuk menghalanginya, Maryam tetap teguh pada keyakinannya dan tidak pernah mengeluh.

Saya sangat merekomendasikan buku ini kepada siapapun yang ingin membaca kisah inspiratif tentang seorang perempuan yang berjuang untuk kebebasannya. Buku ini akan membuat kamu terinspirasi dan termotivasi untuk berjuang dan tidak menyerah dalam menghadapi berbagai rintangan yang dihadapi dalam hidup.