Menemukan passion merupakan hal yang penting dalam kehidupan kita. Dengan menemukan passion, seseorang dapat meningkatkan kebahagiaan dan kepuasan hidup, serta meningkatkan produktivitas dan kinerja. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Positive Psychology, mengejar passion yang sesuai dengan minat dan nilai-nilai seseorang dapat meningkatkan kebahagiaan dan kepuasan hidup. Hal ini karena mengejar passion memberikan rasa pencapaian dan makna dalam hidup. Dan juga, menurut studi yang dilakukan oleh Gallup menunjukkan bahwa orang yang menggunakan kekuatan dan minat mereka di tempat kerja cenderung lebih produktif dan efektif. Hal ini karena mereka lebih termotivasi dan merasa terpanggil untuk melakukan tugas-tugas yang mereka nikmati. Namun, proses menemukan passion tidaklah mudah dan setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk menemukannya. Dan 6 buku ini yang membantu saya menemukan Passion :

“Grit” by Angela Duckworth

“Grit is living life like it’s a marathon, not a sprint.”

Apakah kamu pernah merasa sulit untuk menemukan passionmu? Atau mungkin kamu sudah menemukan passionmu, tapi merasa kesulitan untuk mempertahankannya? Jika iya, maka buku “Grit” karya Angela Duckworth bisa menjadi panduan yang tepat untukmu.

Dalam buku ini, Duckworth menjelaskan tentang pentingnya memiliki “grit” atau semangat pantang menyerah dalam mengejar passion. Ia mengatakan bahwa kemampuan untuk bertahan dan terus berusaha adalah kunci untuk mencapai keberhasilan dalam apapun yang kita lakukan.

Melalui pengalaman pribadinya sebagai seorang psikolog dan guru besar di University of Pennsylvania, Duckworth menyajikan berbagai studi kasus dan penelitian ilmiah untuk membuktikan pentingnya memiliki grit. Ia juga menunjukkan bagaimana kita bisa mengembangkan grit dalam diri kita sendiri.

Salah satu solusi yang ditawarkan oleh Duckworth adalah dengan menemukan “Life Philosophy Statement”. Ini adalah pernyataan singkat yang menggambarkan nilai-nilai dan tujuan hidup kita, serta menginspirasi kita untuk terus bertahan dan berkembang.

Selain itu, Duckworth juga menyarankan kita untuk mengembangkan kebiasaan positif seperti mengatur waktu, menetapkan tujuan yang realistis, dan memfokuskan perhatian pada satu hal saja. Ia mengatakan bahwa dengan melakukan hal-hal ini secara teratur, kita dapat mengembangkan grit dan terus mempertahankan passion kita.

Dalam buku ini, Duckworth juga menunjukkan betapa pentingnya memiliki mentor atau role model yang bisa membantu kita dalam mengembangkan passion dan grit kita. Ia mengatakan bahwa dengan belajar dari orang yang lebih berpengalaman dan sukses dari kita, kita bisa belajar untuk mengatasi rintangan dan terus berjuang untuk mencapai tujuan kita.

Duckworth juga membahas tentang pentingnya menghadapi kegagalan sebagai bagian dari proses belajar dan berkembang. Ia mengatakan bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, tetapi justru bisa menjadi pelajaran berharga untuk mengembangkan grit dan memperkuat passion kita.

Secara keseluruhan, buku “Grit” karya Angela Duckworth menawarkan solusi-solusi yang praktis dan inspiratif bagi kita yang ingin menemukan passion dan mengembangkan grit dalam hidup kita. Dengan membaca buku ini, kamu akan dipacu untuk terus berjuang dan berkembang, serta menemukan cara untuk mencapai keberhasilan yang sejati.

“The Alchemist” by Paulo Coelho

And, when you want something, all the universe conspires in helping you to achieve it

Buku “The Alchemist” oleh Paulo Coelho menceritakan kisah tentang seseorang yang mencari makna hidupnya dan menemukan passion-nya dalam perjalanan hidup yang luar biasa. Buku ini mengajarkan kita untuk mengikuti hati dan intuisi kita, serta menjalani hidup dengan penuh semangat dan tekad.

Buku ini membuka dengan pertanyaan, “Apa yang ingin kamu lakukan ketika kamu besar nanti?” Pertanyaan ini mungkin terdengar sederhana, tetapi seringkali sulit dijawab. Saya pribadi merasa kesulitan untuk menentukan passion saya saat masih muda. Saya terus mencoba hal-hal baru dan mengeksplorasi minat saya untuk menemukan sesuatu yang benar-benar menginspirasi dan memotivasi saya.

Dalam buku ini, kita mengikuti kisah Santiago, seorang gembala muda yang meninggalkan hidupnya yang sederhana untuk mencari harta karun di Piramida Mesir. Perjalanan hidupnya diisi dengan berbagai pertemuan yang mengubah hidupnya. Dia bertemu dengan orang-orang yang menginspirasi dan memotivasinya, serta mengajarkannya bahwa keberhasilan sejati didasarkan pada tekad dan tekun.

Salah satu pelajaran yang saya ambil dari buku ini adalah bahwa ketika kita mengikuti hati dan intuisi kita, kita akan menemukan jalan hidup yang benar-benar menginspirasi dan memuaskan. Selama perjalanan hidup kita, kita akan menemukan rintangan dan tantangan yang menguji kemampuan kita. Namun, jika kita tekun dan gigih, kita akan mencapai apa yang kita impikan.

Buku ini juga menunjukkan pentingnya menghargai setiap momen dalam hidup kita, baik itu kebahagiaan maupun kesedihan. Setiap pengalaman akan membantu kita tumbuh dan berkembang sebagai manusia yang lebih baik.

Secara keseluruhan, “The Alchemist” adalah buku yang sangat inspiratif dan memotivasi. Buku ini membawa pesan yang kuat tentang arti hidup dan mengikuti passion kita. Jika kamu mencari buku yang dapat menginspirasi dan membawa makna dalam hidupmu, maka “The Alchemist” dapat menjadi pilihan yang tepat untuk dibaca.

“Big Magic: Creative Living Beyond Fear” by Elizabeth Gilbert

“You do not need anyone’s permission to live a creative life.”

Apakah kamu merasa sering merasa terhambat untuk mengejar passionmu? Atau bahkan merasa takut untuk mencoba sesuatu yang baru karena takut gagal? Jika iya, maka buku “Big Magic: Creative Living Beyond Fear” oleh Elizabeth Gilbert bisa menjadi inspirasi untukmu.

Buku ini membahas tentang bagaimana kita bisa hidup kreatif dengan melewati rasa takut dan keraguan yang sering menghalangi kita untuk mengejar passion. Penulisnya, Elizabeth Gilbert, merupakan penulis buku terkenal seperti “Eat Pray Love” dan “The Signature of All Things”. Dalam buku “Big Magic”, Gilbert menggali pengalaman pribadinya dan wawancara dengan berbagai tokoh sukses dalam berbagai bidang untuk memahami proses kreatif dan mengatasi rintangan-rintangan yang sering muncul.

Salah satu solusi yang ditawarkan oleh Gilbert adalah dengan mengubah mindset kita. Kita perlu memandang kreativitas sebagai suatu kemampuan yang bisa dipelajari dan diasah, bukan hanya bakat yang diberikan secara bawaan. Selain itu, kita juga perlu berhenti memikirkan kegagalan dan malah berfokus pada proses. Gilbert mengatakan bahwa ketika kita memfokuskan diri pada proses, kita akan menemukan kegembiraan dan kepuasan dalam melakukan sesuatu, bukan hanya pada hasil akhir.

Selain itu, Gilbert juga menyarankan kita untuk mengatasi rasa takut dan keraguan dengan cara berani mencoba hal baru, tetapi tetap bertanggung jawab atas tindakan kita. Gilbert mengatakan bahwa ketika kita merasa takut untuk mencoba hal baru, itu adalah tanda bahwa kita sedang berada pada jalur yang tepat dan sedang mengalami pertumbuhan.

Buku “Big Magic” juga membahas tentang bagaimana kita bisa menemukan passion kita dengan cara menggali minat dan bakat yang kita miliki sejak kecil, tetapi sering terlupakan atau diabaikan. Gilbert menyarankan kita untuk selalu terbuka terhadap peluang dan ide baru, dan jangan pernah meremehkan ide atau proyek yang tampak kecil atau tidak penting.

Secara keseluruhan, buku “Big Magic: Creative Living Beyond Fear” adalah buku yang inspiratif dan membuka pikiran kita tentang proses kreatif. Buku ini mengajarkan kita untuk berani mencoba hal baru, mengatasi rasa takut dan keraguan, serta menemukan passion kita dengan menggali minat dan bakat yang sebelumnya terlupakan. Jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru, siapa tahu kamu akan menemukan passionmu di sana.

“The Element: How Finding Your Passion Changes Everything” by Sir Ken Robinson

“The element is the meeting point between natural aptitude and personal passion.”

Seringkali, kita hidup dalam keadaan yang monoton dan kurang bersemangat karena tidak menemukan passion kita. Namun, bagaimana jika kamu menemukan passionmu dan merubah segalanya dalam hidupmu? Itulah yang dibahas dalam buku “The Element: How Finding Your Passion Changes Everything” karya Sir Ken Robinson.

Buku ini membahas bahwa menemukan passion adalah kunci untuk hidup yang memuaskan dan bahagia. Robinson menyatakan bahwa setiap orang memiliki potensi yang tak terbatas, tetapi kebanyakan dari kita tidak mengetahui apa itu passion kita. Dia memotivasi pembaca untuk menemukan passion dan mengembangkan bakat mereka dengan memberikan banyak contoh kasus nyata tentang orang-orang yang berhasil menemukan passion mereka dan mencapai kesuksesan.

Salah satu hal yang menarik dari buku ini adalah Robinson memberikan sebuah definisi tentang apa itu “The Element”. Menurutnya, “The Element” adalah tempat di mana bakat alami kita bertemu dengan minat kita yang mendalam, dan ketika kita berada di tempat itu, kita merasa terkait dengan sesuatu yang lebih besar dari diri kita sendiri. Dia juga menyebutkan bahwa ketika seseorang menemukan “The Element” mereka, kehidupan mereka akan terasa lebih bermakna dan mereka akan merasa hidup dengan lebih baik.

Robinson juga membahas pentingnya lingkungan yang mendukung dalam menemukan passion. Ia menjelaskan bahwa setiap orang membutuhkan lingkungan yang mendukung untuk menemukan dan mengembangkan passion mereka. Jika kamu tidak menemukan lingkungan yang mendukung, kamu mungkin akan kesulitan untuk mengembangkan bakatmu.

Dalam buku ini, Robinson juga mengutip berbagai kisah inspiratif tentang orang-orang terkenal seperti Paul McCartney, Meg Ryan, dan Matt Groening, yang menemukan passion mereka dalam bidang masing-masing dan mengubah hidup mereka dengan cara yang besar. Robinson menggambarkan bagaimana mereka menemukan passion mereka dan memperjuangkan tujuan mereka, walaupun banyak tantangan yang mereka hadapi.

“The Element” adalah buku yang sangat inspiratif dan bermanfaat untuk kamu yang mencari passionmu. Robinson memberikan banyak tips praktis tentang bagaimana kamu dapat menemukan passionmu dan mengembangkan bakatmu. Buku ini juga memberikan inspirasi untuk mencoba hal-hal baru dan mengambil risiko untuk mencapai kesuksesan. Bagi kamu yang ingin menemukan passionmu dan mengubah hidupmu, buku ini bisa menjadi panduan yang sangat berguna.

“Mastery” by Robert Greene

“Your vocation in life is where your greatest joy meets the world’s greatest need.”

Kamu pernah merasa kebingungan dan tidak tahu arah hidupmu? Seringkali kita merasa tidak memiliki passion atau tidak tahu apa yang ingin kita lakukan dalam hidup. Namun, Robert Greene dalam bukunya “Mastery” mengajarkan bahwa passion bukanlah sesuatu yang ditemukan, melainkan dibangun.

Buku ini menggali lebih dalam tentang bagaimana seseorang dapat mengembangkan passion-nya dan mencapai tingkat keahlian yang tinggi dalam suatu bidang tertentu. Greene mengambil contoh dari kehidupan para tokoh terkenal seperti Leonardo da Vinci, Charles Darwin, dan Albert Einstein, serta banyak orang yang mungkin tidak terkenal namun telah mencapai puncak kesuksesan di bidang mereka.

Salah satu konsep utama dalam buku ini adalah “10,000 jam rule”. Greene mengatakan bahwa untuk mencapai tingkat keahlian yang tinggi dalam suatu bidang, dibutuhkan waktu minimal 10.000 jam atau sekitar 10 tahun untuk berlatih secara intensif. Namun, tidak hanya tentang jumlah waktu yang dihabiskan, Greene juga menekankan bahwa untuk mencapai tingkat keahlian yang tinggi, kita harus terus belajar dan beradaptasi.

Buku ini juga menunjukkan bahwa terkadang kegagalan dapat menjadi peluang untuk belajar dan tumbuh. Greene menyebutnya sebagai “the apprenticeship phase”, yaitu masa di mana kita belajar dari kesalahan dan mencari tahu bidang mana yang tepat bagi kita.

Selain itu, Greene juga menyoroti pentingnya fokus dan ketekunan dalam mencapai passion. Ia mengatakan bahwa dalam mencapai keahlian yang tinggi, kita harus memiliki fokus yang jelas dan terus berusaha mencapai tujuan kita. Ia menekankan bahwa kesuksesan bukanlah sesuatu yang diberikan, melainkan sesuatu yang harus dicapai melalui kerja keras dan ketekunan.

Secara keseluruhan, buku “Mastery” mengajarkan kita bahwa passion bukanlah sesuatu yang ditemukan, melainkan dibangun melalui latihan dan ketekunan. Dalam mencapai keahlian yang tinggi, kita harus berlatih secara intensif, belajar dari kegagalan, dan tetap fokus pada tujuan kita. Buku ini sangat direkomendasikan bagi siapa saja yang ingin mencapai tingkat keahlian yang tinggi dalam bidang mereka dan mengembangkan passion-nya.

“Born for This: How to Find the Work You Were Meant to Do” by Chris Guillebeau

“When you find the work you were meant to do, it becomes something else – it becomes a calling.”

Ketika sudah dewasa, kamu mungkin pernah merasa bingung dan bertanya-tanya, “Apa yang sebenarnya ingin saya lakukan?” atau “Bagaimana cara saya menemukan pekerjaan yang benar-benar sesuai dengan minat saya?” Buku “Born for This: How to Find the Work You Were Meant to Do” by Chris Guillebeau, memberikan panduan dan solusi untuk menemukan passion dan pekerjaan yang tepat.

Buku ini memberikan banyak tips dan strategi untuk mengeksplorasi minat dan bakat seseorang, serta membantu membuka peluang pekerjaan baru yang cocok. Dengan mengikuti panduan dalam buku ini, kamu dapat menemukan pekerjaan yang benar-benar memotivasi dan memberikan kepuasan.

Salah satu solusi yang ditawarkan dalam buku ini adalah “Side Hustle.” Ide di balik side hustle adalah menjalankan bisnis sampingan yang kamu jalankan selain pekerjaan utama. Dalam buku ini, kamu akan diajarkan bagaimana menjalankan side hustle secara efektif, menghindari jebakan, dan membangun bisnis yang sukses secara bertahap.

Selain itu, buku ini juga menekankan pentingnya untuk mengembangkan keterampilan dan membangun jaringan. Dalam dunia kerja saat ini, keahlian dan hubungan sangat penting untuk mencapai kesuksesan. Guillebeau memberikan tips dan saran untuk memperluas jaringan, membangun hubungan dengan orang-orang yang dapat membantu, dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk mencapai tujuan.

Secara keseluruhan, “Born for This: How to Find the Work You Were Meant to Do” memberikan banyak panduan dan strategi untuk menemukan passion dan pekerjaan yang tepat. Buku ini memberikan banyak contoh orang-orang yang berhasil menemukan pekerjaan impian mereka, serta bagaimana mereka mencapainya. Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanyaan “Apa yang sebenarnya ingin saya lakukan?” buku ini dapat menjadi panduan yang sangat berguna.

Referensi :

Kashdan, T. B., & Steger, M. F. (2007). Curiosity and pathways to well-being and meaning in life: Traits, states, and everyday behaviors. The Journal of Positive Psychology, 2(4), 233-241.