Dalam melakukan trip ada beberapa hal yang harus kita persiapkan. Ini belum tentu benar karena hanya persepsi saya saja. Jadi ambil sisi positifnya saja (kok jadi resmi ya!!!)

Teman

Saat melakukan trip, saya kira teman adalah suatu keperluan yang cukup krusial. Memang single trip itu mengasyikkan, bisa bebas kemana saja. Dan memang saat ke beberapa tempat melakukan single trip, single trip benar-benar membantu sekali, karena kita tidak perlu tergantung terhadap lain, belum lagi kalau kita trip bersama teman yang memiliki  misi dan visi trip yang berbeda, saya sarankan single trip saja

Apakah single trip enak? Enak, tapi lebih asyik lagi jika ada teman. Dengan catatan teman yang kamu ajak mempunyai visi dan misi yang sama dalam sebuah trip. Dan yang paling asyik jika dia tipe orang yesman dan suka hal-hal yang baru, itu benar-benar karunia banget. Jika kamu ngetrip ke tempat yang baru, mending gak usah bahwa banyak teman, kalau saya sih lebih suka nge-trip ber-2 saja, maksimal ya 4 orang lah. Jika membawa cewek usahakan prosentase cowok dan cewek 2 : 1. Bukan apa-apa, meskipun cewek itu bisa menjaga diri, tapi kita masih sebagai cowok punya kewajiban dong untuk bertanggung jawab terhadap personil cewek

Tiket

Untuk tiket, mending sediakan jauh-jauh hari, jika kamu yang mengkoordinasi, pastikan anggota tripmu segera membayar.  Ada tips menarik jika trip ke luar negeri dengan mengejar promo air asia, pada saat tertentu air asia memberikan promo yang murah banget.

  1. Catat sebelumnya biodata lengkap personil trip, sehingga tidak memakan waktu saat mengisi biodata
  2. Pastikan semua personil trip sudah berkomitmen sebelumnya, mereka pasti ikut trip ke optional-optional tempat yang telah disetujui. Sehingga saat menentukan destination gak mbulet sak karepe dewe (Tidak membingungkan)
  3. Tidak harus punya pasport terlebih dahulu, bisa nebeng pasportnya temen, jadi yang pasti beli tiket dulu ya 😀

Tas kecil

Tas kecil ini cukup berguna untuk meletakkan pasport, HP, dompet dan hal-hal yang dianggap penting. Supaya gak ribet saat mau check-in di immigration ataupun mau belanja.

Peralatan Mandi

My Collection :p

Untuk peralatan mandi ini untuk backpacker, saya punya tips menarik. Pernah stay di hotel dong? Saat stay di hotel, kan ada sampo ma sabun botolan yang sisa? Itu jangan dibuang atau ditinggal di hotel. Karena saat trip kita membutuhkan itu, coz cukup merepotkan jika kita harus membawa peralatan sehari-hari, jadi mending sampo dan sabun hotel itu yang dibawa, karena bisa digunakan sekali pakai, jika sudah selesai buang, jikalau ketinggalan, gak akan kepikiran.

Travel Guide

Jika kamu baru pertama kali di tempat wisata tersebut  dan kamu adalah orang asing, ada baiknya gunakan travel guide 🙂 jika dihitung-hitung biayanya bisa lebih murah tentunya jangan lupa untuk menawar harga. Dan gak ada gunanya jika gunakan travel guide kalo tujuan ke tempat itu hanya untuk shopping, misal HK dan SG.

Makanan

Untuk hal ini, pada beberapa trip saya sering tidak memakan bekal yang saya bawa karena niat awalnya memang kuliner. Meskipun begitu, ada baiknya kita tetap membawa bekal untuk jaga-jaga. Karena saya tidak suka roti kering, biasanya yang saya bahwa hanya roti tawar dan susu cair (yang bukan kalengan)

Uang

Duit

Yup, ini sangat perlu, jangan pernah tidak membawa uang kecuali memang kamu ada niatan bener-bener kere. untuk di dalam negeri cukup menggunakan rupiah, untuk trip di luar usahakan membawa uang USD dengan pertimbangan nilai tukarnya relatif stabil, dan perlu diperhatikan di beberapa money changer tidak menerima rupiah

Googling tempat wisata tersebut

Untuk hal ini tidak perlu saya jelaskan, sudah pada pinter semua J